IQBAL RUA Dan FORMASI RUA Berdiri Untuk Dilantik Bersama

0
133
Dokumentasi FORMASIRUA.OR.ID

Minggu, 06 Agustus 2017 ada pemandangan yang menarik pada acara pelantikan DPC IQBAL RUA se-DKI Jakarta dan PB FORMASI RUA. Pasalnya, ini kali pertama dua organisasi alumni Al Ma’had Raudlatul Ulum Arrahmaniyah (RUA) duduk dalam satu ruangan untuk dilantik bersama.

Konon beredar isu bahwa, lahirnya organisasi Forum Mahasiswa dan Santri Raudlatul Ulum Arrahmaniyah (FORMASI RUA) digadang-gadang menjadi organisasi tandingan terhadap organisasi Ikatan Qarabat Santri dan Alumni Raudlatul Ulum Arrahmaniyah (IQBAL RUA) sebagai satu-satunya organisasi yang merangkul seluruh alumni Alma’had RUA.

Tidak dipungkiri bahwa, lahirnya Formasi RUA menuai banyak pertanyaan dan pertentangan dari alumni sendiri di berbagai daerah baik yang diam-diam, bahkan sampai ada pernyataan pedas melalui media virtual.

Sebenarnya antara IQBAL RUA dan Formasi RUA khususnya di Wiliyah Jakarta bisa dibilang sangat kompak dan saling mengisi, terbukti setiap IQBAL mengadakan acara, Formasi RUA turut membantu dalam persiapannya. Juga perwakilan IQBAL selalu hadir sebagai dewan sesepuh saat Formasi RUA mengadakan acara. Bahkan, di acara pelantikan saat ini, terlihat keduanya saling urun angan dan turun tangan.

Ketua Umum dewan pengurus pusat H. Multazami Fawas S.Pd.I atau yang akrap disapa Haji Mawi menanggapi isu yang beredar hanyalah oknum yang ingin mengadu domba antara dua organisasi tersebut.

“Saya sebagai ketua umum beserta pengurus DPP IQBAL RUA tidak merasa tertandingi karena saya anggap adik saya FORMASI RUA ini, bisa memberi masukan, memberi solusi kepada kita,” beliau menambahkan.

Dokumentasi FORMASIRUA.OR.ID

“Kita sebagai pengurus pusat tidak mempermasalahkan adanya FORMASI RUA dan sangat mendukung, bahkan sangat bagus kedepannya nanti karena batasan untuk menjadi FORMASI RUA ini maksimal 40 tahun. Bahkan, ketika masuk IQBAL RUA itu bisa dijadikan orang yang paling bisa dimintai pertanggungjawaban dan membantu dalam kepengurusan IQBAL RUA ke depannya,” ungkap ketua umum IQBAL RUA dalam wawancara tim formasirua.or.id.

Alumni Alma’had RUA khusus di wilayah DKI Jakarta yang berwadah IQBAL RUA ini terdiri dari 5 DPC yang dilantik secara bersamaan dan disusul pelantikan PB Formasi RUA dalam satu tempat yang berlokasi di Masjid Al-I’tisham, Karet Tengsin, Jakarta Pusat.

Acara silaturrahmi regional dan pelantikan tersebut dihadiri para Masyayikh Alma’had, ketua umum beserta jajaran DPP,  para alumni se-DKI Jakarta, simpatisan dan dewan kehormatan. Dengan mengangkat tema “Ikhtiar  Sepenuh Hati Menghadap dan Berhidmat Untuk Alma’had RUA” demi menambah kesadaran silaturrahmi baik sesama alumni, kepada para masyayikh, terlebih kepada Alma’had RUA sendiri. Diadakan pelantikan ini, agar program-program yang sudah digulirkan atau yang sudah dibentuk tetap berjalan dan terakomodir dengan tertib dan baik, seperti yang disampaikan ketua umum dalam sambutannya.

Pesan KH. Chalili Mas’ud saat memberi arahan, “IQBAL nikah artena ‘addhab‘. Deri segi bahasa panika bentuk fiil amar. Seartena epon ‘addhabhah sampean. Tojjhunah addhab, enggi ke ponduk. Deddih, maksodhah gelen enyamaih Iqbal kissah,  makle sampean nulongih ponduk, ghus-mabhaghus ka ponduk, jhak lang-maelang, ban koduh aromasa jhak santreh (IQBAL RUA ini artinya menghadap. Dari aspek bahasa berbentuk fiil amar, yang artinya menghadaplah kalian. Tujuan menghadap itu, ya menghadap ke pondok. Jadi, maksudnya diberi nama iqbal itu, agar kalian semua membantu pondok, memperbagus, jangan menghilang, dan harus merasa menjadi santri).”

Ketua Umum IQBAL RUA sangat mengapresiasi atas acara pelantikan bersama itu, sebagai kerja sama yang baik dan menunjang perjalanan organisasi ke depannya nanti.

“Pelantikan bersama itu sangat bagus karena antara IQBAL RUA dan FORMASI RUA satu kelahiran, sama-sama lahir dari rahim Alma’had RUA. Upaya ke depannya bisa saling membantu dan saling memberi kontribusi kepada Alma’had.” tuturnya.

Jauh sebelum acara, KH. Ali Mukafi Khalili Mas’ud S.H selaku dewan pengasuh Al-ma’had RUA merestui dan memberi statemen saat di kediaman beliau. “Sebagai organisasi yang berada di bawah naungan Alma’had Raudlatul Ulum Arrahmaniyah, IQBAL RUA & FORMASI RUA secara pergerakan dan cara keduanya berbeda, namun tujuannya sama, untuk mengabdi kepada RUA. Dengan melaksanakan pelantikan secara bersamaan ini, justru memberi nilai positif. Meski dalam PD/PRT yang dimiliki IQBAL RUA dan AD/ART yang dipakai FORMASI RUA berbeda.” Ungkap beliau.

Dokumentasi FORMASIRUA.OR.ID

Kami, selaku tim redaksi mengucapkan selamat atas pelantikan DEWAN PENGURUS CABANG IQBAL RUA se-DKI Jakarta dan PENGURUS BESAR FORMASI RUA. Semoga Allah Swt merahmati, semoga Muhammad Saw memberikan syafaat, semoga para pengurus bisa menjalani amanah ini. Amin.

Ayo Komentari

komentar